Sepenggal Kisah Event Bersama Kecamatan Citamiang

Jumat, 13 September 2013

print this page
send email
Dalam tulisan kali ini saya ingin cerita tentang "ide" Festival Religi Citamiang 2013 yang dilaksanakan selama 2 hari pada hari kamis-jumat tadi, 12-13 September 2013.

Festival Religi Citamiang 2013 ini dilaksanakan di Kampus STIE PGRI tepatnya di Cikondang. event ini diselenggarakan oleh Camat Citamiang beserta jajarannya. Info lengkap silahkan kunjungi disini --> https://www.facebook.com/events/531660393570200. 

Saya sangat mengapresiasi dan mensupport sekali apa yang dilakukan oleh Pak Camat Citamiang ini. Karena memang sejak awal 2012 lalu, saya berkomitmen utk membantu program-program Kecamatan Citamiang agar memiliki manfaat yang berarti bagi masyarakatnya. Bahkan dalam sambutannya saat membuka acara ini, Wakil Walikota Sukabumi menjadikan event ini sebagai "pilot project" untuk dijadikan contoh oleh kecamatan-kecamatan yang lainnya.

Event semeriah Festival Religi Citamiang 2013 ini bukanlah yang pertama, ini merupakan event yang dilaksanakan oleh Kecamatan Citamiang untuk kesekian kalinya  yang dikemas dengan kemasan acara yang menarik dan memberikan manfaat yg besar bagi masyarakat. Pelaksanaan event ini merupakan tindaklanjut kesuksesan event Pesta Kreatif Citamiang 2012 yang juga dilaksanakan oleh Kecamatan Citamiang (https://www.facebook.com/groups/204749709629019/)

Dulu... Ide awalnya sih sederhana : mengemas kegiatan pemerintah yg bisa diikuti oleh seluruh warga serta dapat memberi dampak EKONOMI bagi masyarakat. Karena selama ini, kegiatan/event-event yang diselenggarakan pemda terbilang minim partisipasi masyarakat dan terkesan ekslusif.

Waktu itu saya yakinkan pak Camat Citamiang dengan pertanyaan : kenapa sih negara-negara di luar negeri saling ngotot berebut jadi tuan rumah Sepakbola Piala Dunia ? Padahal ketika mereka terpilih, mereka dibebankan untuk membangun sejumlah stadio sepakbola bertaraf internasional yang membutuhkan investasi ratusan triliun. Nah, jawabannya karena efek dari pelaksanaan Piala Dunia itu. Dengan kemasan event yg bagus, event Piala Dunia bisa mendatangkan jutaan orang dari seluruh dunia untuk datang ke negara tersebut, dan itu pasti mendatangkan dampak ekonomi yang besar bagi negara dan rakyatnya. Kalo pun tidak datang kesana, seluruh dunia menyaksikannya dan akan menjadikan negara tersebut terkenal sedunia...

Nah, setelah diskusi ngalor ngilur itu akhirnya tercetus ide melaksanakan program PORCAM (Pekan Olahraga Tingkat Kecamatan Citamiang) dengan kemasan berbeda dengan biasanya. Dimana biasanya Porcam hanya menggelar pertandingan olahraga sepakbola, voli dan tenis meja saja selama 3 hari saja. Dan selama ini, kegiatan itu : garing !

Bagaimana dengan konsep yang kita tawarkan ? Kita tawarkan kegiatan Porcam itu dengan nama "Pesta Kreatif Citamiang 2012", yang berkonsep Pekan Olahraga, Seni dan Budaya. Kegiatan ini dilaksanakan di 5 titik roadshow kelurahan, 1 lapang sepakbola kecamatan Citamiang di daerah lamping, SMAN 1 Kota Sukabumi, Gedung Perwapsi Jl. Didi Sukardi dan Gebyarnya 3 hari di Lapang Koramil di Gedongpanjang. Bahkan kegiatan yang asalnya cuman 3 hari itu, akhirnya kita laksanakan 8 hari 7 malam....

Silahkan lihat foto-foto kegiatannya dibawah ini (atau juga disini) Namun sebelumnya saya ingin sampaikan bahwa target acara tersebut bukan hanya sukses dalam rangkaian acara tapi juga banyak pedagang "dadakan" yang berasal dari inisiatif warga masyarakat dan merasakan keuntungan ekonomi dari event ini.

Saking berkesannya masyarakat akan event ini, waktu itu kita diminta untuk tidak mencopot gapura bambu yang kita buat di jalan masuk menuju komplek Lapang Kodim tersebut. Saat tulisan ini dibuat ternyata, gapura bambu dengan logo Kecamatan Citamiang dan BUMI KREATIF masih ada disana, padahal sudah 1,5 tahun yang lalu...

Nah, apa hubungannya dengan event Festival Religi Citamiang 2013 yang baru saja dilaksanakan ? bahwa ide untuk mengemas kegiatan pemda agar menarik dan partisipatif ternyata sampai sekarang masih menjadi ruh Kecamatan Citamiang dalam menjalankan program-programnya. Sebenarnya Festival Religi ini dilaksanakan untuk program lomba MTQ (Musabaqoh Tilawatil Quran) Tingkat Kecamatan Citamiang. Tetapi kemudian dikemas sedemikian rupa bukan saja MTQ tapi juga ada seni budaya islami, bazaar dan kreatifitas lainnya. dan lagi-lagi.. antusiasme masyarakat juga membludak.... sukses lah, pak camat!


























































Tidak ada komentar:

Posting Komentar