TIPS DAFTAR BPJS KESEHATAN

Jumat, 14 Februari 2014

print this page
send email


Pengen Punya Kartu BPJS Kesehatan ? Nih Caranya...

Alhamdulilah, 6 Februari lalu akhirnya saya punya Kartu BPJS Kesehatan. Mulai sekarang saya tenang untuk biaya kalo saya sakit, karena ada yg jamin (tp amit-amit deh.. moga dijauhkan ya.. amiin). Itu syukur saya yang pertama....

Bersyukur yg kedua karena saya dapatkan kartu BPJS ini dengan penuh pengorbanan dan dari pengalaman ini saya mendapat ilmu, tips yang bisa saya bagikan ke sahabat saya semua... biar sahabat bisa punya kartu BPJS Kesehatan tapi tidak harus ngantri seharian penuh...

Perlu diketahui, saya harus ngurus 1 hari penuh dari mulai buka kantor BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi jam 7.30 sampe jam 4.30 sore baru selesai. kenapa lama ? karena ngantrinya lama sekali utk pelayanan pembuatan kartunya. sy ambil antrian jam 7.30, baru dipanggil jam 14.45 dan baru dapet kartu jam 16.20 sore. Sungguh pengalaman yg tidak boleh sahabat rasakan...

Nah ini saya bagikan tips & cara daftar BPSJ Kesehatan :
Pertama, Daftarlah melalui fasilitas REGISTRASI ONLINE yang disediakan oleh BPJS Kesehatan. Alamatnya di : http://www.bpjs-kesehatan.go.id/statis-17-pendaftaranpeserta.html. Engga perlu ngantri... yg penting, internetna teu lemot

Kedua, Isi formulir online secara lengkap sesuai dokumen KTP, KK, NPWP (kalo punya). Ada yang penting, harus punya alamat EMAIL anda yang valid untuk aktifasi pendaftaran.

Ketiga, setelah berhasil isi form online silahkan cek email anda (yg td dipakai registrasi online). didalam email itu, silahkan klik link "Aktivasi Pendaftaran". Nanti terbuka tautan, lalu unduh 2 buah file yang tersedia : form registrasi dan Account Virtual anda. lalu print masing-masing 2 lembar.

Keempat, lengkapi dokumen pendaftaran anda untuk pengambilan Kartu BPJS di kantor BPJS yg dipilih waktu daftar online. Dokumen yg dibutuhkan : KTP (copy & Asli), Copy KK, Copy Surat Nikah dan Pas Foto berwarna 3x4 2 buah. dan juga hasil print 2 file yang tadi diunduh...

Kelima, datang ke BNI/Mandiri/BRI utk bayar iuran awal keanggotaan. Caranya gampang, berikan lembaran hasil print Virtual Account yg tadi diunduh ke teller bank. engga usah ngisi form setoran karena mereka sudah paham. Jumlah yg harus dibayar tertera di lembar virtual account anda. Tergantung Kelas Layanan yg anda pilih : Kelas 1 (Rp. 59.500), Kelas 1 (Rp. 42.500) dan Kelas 1 (Rp. 25.500),

Keenam, Datang ke Kantor BPJS Kesehatan yg dipilih waktu daftar online. Bawa semua dokumen persyaratan tadi (langkah keempat) ditambah bukti setoran ke bank (langkah lima) dan serahkan ke petugas pencetak kartu. Biasanya sih engga nunggu lama, dan engga usah ambil nomer antrian.. biasanya sekitar 20-30 menit sudah jadi kartu BPJS Kesehatan anda.

Nah begitu saja, tips dan cara memperoleh Kartu BPJS Kesehatan. Semoga bermanfaat. Bila ada yang mau ditanyakan, mangga tulis di komentar ya...



1 komentar: